Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah..
- Kamus Oxford (1995) : TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
- Alter (1992), TI mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
- Martin (2002) : TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
- Lucas (2000) : TI adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis.
Contoh Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (Haag, 2000)
n Teknologi
Masukan
n Teknologi
Keluaran
n Teknologi
Perangkat Lunak
n Teknologi
Penyimpan
n Teknologi
Telekomunikasi
n Teknologi
Pemroses
Beberapa Alasan Investasi Teknologi Informasi
n Adanya
kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif
n Mengurangi
biaya
n Meningkatkan
fleksibilitas dan tanggapan
Contoh ==> Bank yang berlomba-lomba untuk memperluas jaringan ATM untuk meningkatkan
layanan kepada nasabah mengingat persaingan antarbank yang sangat ketat.
Alasan Penerapan Teknologi Informasi pada Bidang Pemasaran (O’Connor dan Galvin 1997)
n Teknologi
informasi mempengaruhi proses pengembangan strategi pemasaran karena teknologi
informasi memberikan lebih banyak informasi ke manajer melalui pemakaian sistem
pengambilan keputusan (Decision Support Systems atau DSS)
n Teknologi
informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang
berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manajer. Sebagai
contoh, sistem informasi eksekutif (Executive Information Systems atau
EIS) mempengaruhi aliran informasi secara vertikal dalam perusahaan. Pihak
manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi
ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan
telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah dan cepat di antara
departemen dan divisi yang berbeda.
n Teknologi
informasi juga mempengaruhi antarmuka-antarmuka organisasi dengan lingkungan,
seperti pelanggan dan pemasok. Sistem antarorganisasi yang dilengkapi dengan
pertukaran data elektronis (EDI) menciptakan hubungan yang lebih dekat antara
organisasi dan pemasok, memfasilitasi manajemen sediaan yang lebih efisien dan
memungkinkan pendekatan tepat waktu dalam melakukan pemesanan kembali
Peranan Teknologi Informasi
n Teknologi
informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi
melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
n Teknologi
memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi
terhadap suatu tugas atau proses.
n Teknologi
informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam
hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap
sekumpulan tugas atau proses.
Pengaruh Teknologi Informasi dalam Proses Bisnis
n Aturan
lama: Manajer membuat semua keputusan
n Teknologi
informasi:Perangkat pendukung keputusan (akses basis data, perangkat lunak
pemodelan)
n Aturan
baru: Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang
n Aturan
lama: Hanya para pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks
n Teknologi
informasi:Sistem pakar (expert system)
n Aturan
baru: Orang awam dapat melakukan pekerjaan seseorang pakar
n Aturan
lama: Informasi hanya dapat muncul dalam satu tempat pada satu saat
n Teknologi
informasi:Berbagi basis data
n Aturan
baru: Informasi dapat muncul di banyak tempat secara serentak ketika
diperlukan
n Aturan
lama:Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk menerima,
menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi
n Teknologi
informasi:Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel
n Aturan
baru:Petugas lapangan dapat mengirim dan menerima informasi kapan saja
diperlukan
Strategi Menuju Keunggulan Kompetitif
n Strategi
biaya, yakni menjadikan produsen dengan biaya yang rendah, memberikan harga
yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau
meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri
n Strategi
diferensiasi, yakni mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk/jasa
yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan
produk/jasa karena adanya manfaat atau fitur yang unik
n Strategi
inovasi, yakni memperkenalkan produk/jasa yang unik, atau membuat perubahan yang radikal
dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-perubahan yang mendasar dalam
pengelolaan bisnis.
Strategi pertumbuhan, yakni dengan mengembangkan
kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran
global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke
dalam produk/jasa yang terkait
n Strategi
aliansi, yakni membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan
pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan lain-lain
Kecenderungan Teknologi Informasi terhadap Sistem Informasi
- Peningkatan
kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik
- Ketersediaan
informasi dalam bentuk digital semakin banyak
- Portabilitas
peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat
- Konektivitas
meningkat
- Kemudahan
pemakaian meningkat
- Ketidakmampuan
mengotomasikan logika masih berlanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar