Sabtu, 27 Juni 2015

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi



Teknologi Informasi adalah..

  • Kamus Oxford (1995) : TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
  • Alter (1992), TI mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
  • Martin (2002) : TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Lucas (2000) : TI adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis.

Contoh Teknologi Informasi


Teknologi Inforamsi

Teknologi Informasi (Haag, 2000)

n  Teknologi Masukan
n  Teknologi Keluaran
n  Teknologi Perangkat Lunak
n  Teknologi Penyimpan
n  Teknologi Telekomunikasi
n  Teknologi Pemroses

Beberapa Alasan Investasi Teknologi Informasi

n  Adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif
n  Mengurangi biaya
n  Meningkatkan fleksibilitas dan tanggapan
Contoh ==> Bank yang berlomba-lomba untuk memperluas jaringan ATM untuk meningkatkan layanan kepada nasabah mengingat persaingan antarbank yang sangat ketat.

Alasan Penerapan Teknologi Informasi pada Bidang Pemasaran (O’Connor dan Galvin 1997)

n  Teknologi informasi mempengaruhi proses pengembangan strategi pemasaran karena teknologi informasi memberikan lebih banyak informasi ke manajer melalui pemakaian sistem pengambilan keputusan (Decision Support Systems atau DSS)
n  Teknologi informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manajer. Sebagai contoh, sistem informasi eksekutif (Executive Information Systems atau EIS) mempengaruhi aliran informasi secara vertikal dalam perusahaan. Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah dan cepat di antara departemen dan divisi yang berbeda.
n  Teknologi informasi juga mempengaruhi antarmuka-antarmuka organisasi dengan lingkungan, seperti pelanggan dan pemasok. Sistem antarorganisasi yang dilengkapi dengan pertukaran data elektronis (EDI) menciptakan hubungan yang lebih dekat antara organisasi dan pemasok, memfasilitasi manajemen sediaan yang lebih efisien dan memungkinkan pendekatan tepat waktu dalam melakukan pemesanan kembali

Peranan Teknologi Informasi

n  Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
n  Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
n  Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

Pengaruh Teknologi Informasi dalam Proses Bisnis

n  Aturan lama: Manajer membuat semua keputusan
n  Teknologi informasi:Perangkat pendukung keputusan (akses basis data, perangkat lunak pemodelan)
n  Aturan baru: Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang
n  Aturan lama: Hanya para pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks
n  Teknologi informasi:Sistem pakar (expert system)
n  Aturan baru: Orang awam dapat melakukan pekerjaan seseorang pakar
n  Aturan lama: Informasi hanya dapat muncul dalam satu tempat pada satu saat
n  Teknologi informasi:Berbagi basis data
n  Aturan baru: Informasi dapat muncul di banyak tempat secara serentak ketika diperlukan
n  Aturan lama:Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk menerima, menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi
n  Teknologi informasi:Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel
n  Aturan baru:Petugas lapangan dapat mengirim dan menerima informasi kapan saja diperlukan


Strategi Menuju Keunggulan Kompetitif

n  Strategi biaya, yakni menjadikan produsen dengan biaya yang rendah, memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri
n  Strategi diferensiasi, yakni mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk/jasa yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan produk/jasa karena adanya manfaat atau fitur yang unik
n  Strategi inovasi, yakni memperkenalkan produk/jasa yang  unik, atau membuat perubahan yang radikal dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-perubahan yang mendasar dalam pengelolaan bisnis.
Strategi pertumbuhan, yakni dengan mengembangkan kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke dalam produk/jasa yang terkait
n  Strategi aliansi, yakni membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan lain-lain

Kecenderungan Teknologi Informasi terhadap Sistem Informasi

  • Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik
  • Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak
  • Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat
  • Konektivitas meningkat
  • Kemudahan pemakaian meningkat
  • Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut



Tidak ada komentar:

Posting Komentar